Subscribe Via Email

banner image

info

W3 Directory - the World Wide Web Directory Page Rank Bloggers - Meet Millions of Bloggers Ping your blog, website, or RSS feed for Free ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free

SEJARAH BAHASA PEMROGRAMAN PASCAL

Blaise Pascal
Niklaus Wirth
sejarah singkat lahirnya bahasa pascal. Nama 'PASCAL' diambil dari seorang matematikawan asal Prancis yang juga merupakan pioner dari perkembangan komputer. pada tahun 1641 pada usia 18 tahun ,Blaise Pascal telah membangun sebuah mesin aritmatika pertama yang kemudian diperdebatkan sebagai komputer pertama. menurut sejarah yang ada, pada sekitar tahun 1950, Blaise Pascal telah meninggalkan dunia geometri dan fisika dan memfokuskan dirinya ke bidang agama, seperti yang dituangkan dalam tulisannya yang berjudul contemplate the greatness and the misery of man . sampai akhirnya ia meninggal dunia pada 19 agustus 1662. mula mula komputer dibuat dengan bahasa mesin dan assembly. bahasa pemrograman jenis ini merupakan bahasa yang memiliki tingkat kesulitan yang tinggi sehingga susah untuk dimengerti dan dimodifikasi. dengan demikian pemrograman seperti itu tentu akan memakan biaya dan waktu yang besar.  maka untuk mengatasinya dibuatlah bahsa pemrograman tingkat tinggi, yang di desain , yang didesain menyerupai bahasa manusia (bahasa inggris) . salah satu bahasa tersebut adalah PASCAL.

bahasa pascal sendiri selesai dikembangkan pada tahun 1970 oleh Niklaus Wirth. tujuan diciptakannya bahasa pascal adalah untuk memudahkan para mahasiswa untuk mempelajari pemrograman program komputer secara sistematis. bahasa pascal merupakan bahasa pemrograman yang memliki struktur yang paling teratur. dibanding bahasa pemrograman yang lain. maka dari itu bahasa pemrograman pascal sangat populer di kalangan akademisi. sedangkan dunia industri, memang bahasa C++ lah yang merajai.

selain bahasa pascal original, bahasa yang pernah populer di dunia pascal adalah UCSD Pascal yang berjalan di bawah sistem operasi P-System UCSD. sistem ini dikembangkan di Universitas Calivornia yang dipimpin oleh Bowles. sistem operasi itu sendiri dikembangkan menggunakan bahasa UCSD pascal.

pada tahun 1978 UCSD pascal juga digunakan untuk mengembangkan interpreter 6502 oleh Richard Gleaves dan Mark Allen. yang kemudian menjadi dasar pembentukan Apple pascal yang dibentuk oleh Apple Computer. selanjutnya Apple computer merilis implementasi objek pascal untuk pertama kalinya, yaitu versi terbaru Apple pascal yang mendukung adanya pemrograman berarah objek yang lebih dikenal dengan OOP ( Object oriented Programming)

setelah melalui beberapa proses pen-standar-an oleh ISO, akhirnya pada tahun 1993, Pascal Standards Committee mempublikasikan ekstensi objek ke dalam bahasa pascal standar.

sekian dari situs pascal tantang sejarah bahasa pemrograman pascal. semoga bermanfaat
SEJARAH BAHASA PEMROGRAMAN PASCAL SEJARAH BAHASA PEMROGRAMAN PASCAL Reviewed by Fikrul Huda on Selasa, Desember 25, 2012 Rating: 5

Tidak ada komentar:

TULIS KOMENTAR BIAR RAME DAN BUAT SAYA SEMANGAT UNTUK UPDATE

Diberdayakan oleh Blogger.