Langganan Post Via e Mail

Kamis, 27 Desember 2012

perbedaan kompiler dan interpreter



http://turingsman.net/gfx/blog/lazarus_ide_win7_64bit.jpgperbedaan kompiler dan interpreter. dalam pemrograman komputer,pengertian kompiler dan interpreter  adalah software penerjemah antara manusia dan komputer. Karena komputer hanya mengerti bahasa mesin yang rumit. sedangkan manusia sangat kesulitan dalam memodifikasi bahasa mesin. bahasa yang digunakan manusia untuk membuat program komputer disebut bahasa pemrograman. proses penerjemahan dari bahasa pemrograman ke bahasa mesin disebut proses kompilasi.

nah... Yang perlu diketahui, bahwa kompiler atau interpreter haruslah sesuai dengan kode yang dikenali oleh kompiler atau interpreter tersebut. misalnya jika kita menulis program dengan menggunakan bahasa PASCAL , maka kita tidak bisa menggunakan kompiler dan interpreter dari bahasa C. Begitu pula sebaliknya. Seorang translator yang hanya bisa berbahasa Inggris dan Indonesia tidak bisa menerjemahkan bahasa Korea ke bahasa Indonesia.seperti itulah konsep kompiler dan interpreter

Secara umum fungsi kompiler dan interpreter adalah sama yaitu sebagai penerjemah bahasa pemrograman.walaupun seperti itu perbedaan kompiler dan interpreter sangatlah mencolok. Pada interpreter, kode program diterjemahkan per baris program. sehingga apabila terdapat kesalahan pada satu baris program, baris selanjutnya tetap dieksekusi. sedangkan pada kompiler, seluruh kode program tersebut diterjemahkan secara utuh terlebih dahulu sebelum dieksekusi atau dijalankan.

kalau anda belum begitu faham, saya beri gambaran sederhana pada anda bagaimana perbedaan kompiler dan interpreter. Bayangkanlah anda menyuruh seseorang bernama Paijo untuk melakukan 10 perintah . namun anda hanya bisa berbahasa Indonesia. sedangkan paijo hanya mangerti bahasa Jawa. tentunya diperlukan seorang penerjemah untuk membuat paijo mengerti. penerjemahnya adalah interpreter dan Kompiler. Interpreter menyampaikan perintah pertama dari anda ke Paijo. setelah perintah pertama tersebut telah dilaksaanakan oleh si Paijo, Interpreter baru menerjemahkan perintah ke dua kedalam bahasa yang dimengerti paijo.begitu seterusnya hingga perintah ke 10 dilaksanakan. nah.. kompiler tidak bekerja seperti itu.. kompiler mendengarkan terlebih dahulu 10 perintah dari anda, baru kemudian seluruh peerintah anda diterjemahkan je dalam bahasa paijo.

contoh kompiler yang digunakan dalam bahasa PASCAL adalah freepascal dan turbo pascal (kita akan bahas dalam artikel selanjutnya) . pada kenyataanya para programmer lebih banyak menggunakan kompiler sebagai penerjemahnya.

sekian perbedaan kompiler dan interpreter.  semoga bermanfaat

Artikel Terkait:

1 komentar:

  1. perbedaan kompiler dan interpreter http://fixhack.blogspot.com/2012/12/perbedaan-kompiler-dan-interpreter.html

    BalasHapus

TULIS KOMENTAR BIAR RAME DAN BUAT SAYA SEMANGAT UNTUK UPDATE