Subscribe Via Email

banner image

info

W3 Directory - the World Wide Web Directory Page Rank Bloggers - Meet Millions of Bloggers Ping your blog, website, or RSS feed for Free ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free

struktur program dalam pascal

stuktur bahasa program pascal 

struktur program dalam bahasa pascal memiliki ciri khas yang berbeda dengan bahasa pemrograman yang lain. setiap bahasa pemrograman program komputer memiliki struktur yang berbeda. perbedaan tersebut meliputi kode kodenya, urutan penulisan kodenya, jenis simbol yang digunakan, ekspresi kode yang digunakan, serta penerjemahan kode.

Berikut ini adalah struktur umum dalam bahasa pascal.

===========================================================================
program <judul program>


uses <data unit>

 <deklarasi>

begin
     <statemen - statemen>
end.

===========================================================================

struktur bahasa pascal <judul program> adalah judul untuk menamai program. biasanya judul program ini harus sama dengan nama program (nama file program)

struktur bahasa pascal <daftar unit> berisi unit yang digunakan dalam program . untuk membatasi unit satu dengan yang lain menggunakan tanda koma. contoh penggunaanya adalah :

==========================================================================
uses
crt,dos;
==========================================================================
struktur bahasa pascal  <bagian deklarasi> berisi macam macam deklarasi yang berfungsi memberi tahukan kepada program bahwa ada ekspresi tertentu. meliputi
  • deklarasi tipe data'
  • deklarasi konstanta
  • deklarasi prosedur
  • deklarasi fungsi
  • deklarasi label
sebagai gambaran kepada anda tentang apa itu deklarasi dalam pascal , bayangkanlah ada pembagian sembako gratis. ada seseorang yang ingin menerimanya, sebut saja si A. ia tidak akan menerima sembako apa bila panitia pembagian sembako tidak tahu ada dirinya. maka dia harus mendeklarasikan diri dengan mendaftarkan dirinya ke panitia.

contoh penggunaanya adalah:
==========================================================================
{deklarasi tipe data}
type
larik = array[1...100] of integer;

{deklarasi konstanta}

const
 N =100;

{deklarasi variable}
var
a:integer;
b:string;
c:real;
===========================================================================
struktur bahasa pascal <statemen-statemen> merupakan perintah perintah yang akan dituliskan. statemen-statemen ini harus berada di antara ekspresi begin dan end . begin dan end adalah kode yang wajib untuk ada dalam program komputer yang menggunakan bahasa pascal. karena dalam struktur bahasa pemrograman pascal di situlah inti dari pemrograman pascal.


jika anda masih bingung, terutama apa arti dari ekspresi kode dan simbol simbol pascal diatas, akan saya bahas pada artikel selanjutnya.


sekian struktur program dalam pascal, semoga bermanfaat.
struktur program dalam pascal struktur program dalam pascal Reviewed by Fikrul Huda on Sabtu, Desember 29, 2012 Rating: 5

1 komentar:

TULIS KOMENTAR BIAR RAME DAN BUAT SAYA SEMANGAT UNTUK UPDATE

Diberdayakan oleh Blogger.