Subscribe Via Email

banner image

info

W3 Directory - the World Wide Web Directory Page Rank Bloggers - Meet Millions of Bloggers Ping your blog, website, or RSS feed for Free ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free

membuat software kamus bahasa jawa dengan exel

membuat kamus bahasa jawa dengan exel. memang susah nyari kamus dengan bahasa spesifik .misalnya jawa.yang ada hanya bahasa bahasa besar dunia. makannya sob, mari kita membuatnya. inilah gunanya berkunjung ke blog ini.

kita tahu bahwa Ms. Exel adalah software yang multi fungsi. bisa mengolah data dengan cepat dan teratur. Di dukung dengan rumus rumus yang banyak. kita bisa memanfaatkannya untuk membuat exel bukan hanya sebagai software pengolah angka. bagai mana caranya? yaitu dengan pintar pintar memodifikasi dan menyusun rumus rumus yang ada.sebelumnya saya sudah membuat software yang lain yaitu software kasir pulsa dengan exelklik disini untuk melihatnya..keuntungan yang kita dapatkan adalah, kita tak perlu lama lama belajar bahasa pemrograman untuk membuat software, kemudian kita juga bisa melatih otak kita untuk bekerja kreatif.

kali ini kita akan membuat kamus bahasa jawa. kenapa jawa? karena saya orang jawa. he he he. nanti jika anda sudah tahu cara membuatnya, anda bisa memodifikasinya sendiri dengan mudah. Ok, pertama yang kita prlukan adalah seperangkat komputer (ya iya lah). kemudian software Microsoft office exel fersi berapapun deh. lalu perut yang kenyang, serta sudah menunaikan sholat (bagi sodara muslim)

Buka ms. exel yang anda punya. sekarang saya kenalkan rumus utama untuk membuat kamus ini, yaitu VLOOKUP (kalau dijabarkan, itu artinya adalah vertical look up) artinya adalah rumus tersebut berfungsi untuk menyocokkan data dari tabel sumber berdasarkan sel kuci yang ada. anda tak perlu pusing apa itu tabel sumber dan sel kunci. akan kita bahas nanti.

tulislah kata kata dalam bahasa indonesia. kata katanya harus pada satu kolom. saya sarankan untuk meletakkannya di baris yang terletak agak ke bawah. misal baris ke 24. kolomnya bebas asal anda ingat dimana letaknya. kemudian tepat di sebelah kanan kolom yang berisi kata bahasa indonesia tersebut isi dengan terjemahan bahasa jawanya.ingat, harus  di samping kanannya.

kamus bahasa jawa dengan exel
membuat kamus bahasa jawa dengan exel
kemudian buatlah tulisan indonesia dan jawa , letakkan di sel yang terletak lebih atas. letakkan tulisai indonesia diatas tulisan jawa. dan tepat di sebelah kanan tulisan jawa ketik rumus "=VLOOKUP(C6,A24:B59,2,0)" akan saya jelaskan maksut dari rumus itu. yang berwarna merah menunjukan sel yang akan kita isi dengan kata bahasa Indonesia yang akan diterjemahkan.kita sebut dengan sel kunci. jadi nanti jika anda membuat, sesuaikanlah sendiri. yang berwarna hijau adalah menunjukkan range tabel yang kita isi dengan kata kata indonesia dan jawa tadi.kita sebut tabel itu dengan tabel sumber. yang berwarna biru yaitu menunjukkan kolom nomer sekian yang ditampilkan di sel yang kita isi dengan rumus tersebut,dihitung dari kolom paling kiri dari tabel sumber kita tadi. karena yang akan kita tampilkan adalah kata jawa, dan kebetulan terletak di kolom ke dua dari tabel, sehingga di gambar saya tulis 2. dan yang berwarna ungu adalah range lookup. angka 0 menandakan data yang ditampilkan adalah data yang tepat sama dengan sel kunci.

membuat software kamus bahasa jawa
cara membuat kamus bahasa jawa dengan exel


dan mari kita coba isi dengan kata bahasa indonesia, kemudian enter... ini hasilnya:


cara membuat kamus bahasa jawa dengan exel














setelah jadi seperti itu, tinggal kita finishing aja dengan memberi warna pada sel selnya

cara membuat kamus bahasa jawa dengan exel







sekian cara membuat kamus bahasa jawa dengan exel semoga bermanfaat, dan seringlah berkunjung ya.
membuat software kamus bahasa jawa dengan exel membuat software kamus bahasa jawa dengan exel Reviewed by Fikrul Huda on Jumat, Desember 28, 2012 Rating: 5

2 komentar:

  1. mambuat kamus bahasa jawa dengan exel. http://fixhack.blogspot.com/2012/12/kamus-bahasa-jawa-dengan-exel.html

    BalasHapus
  2. makasih. kpn2 saya coba insyaallah

    BalasHapus

TULIS KOMENTAR BIAR RAME DAN BUAT SAYA SEMANGAT UNTUK UPDATE

Diberdayakan oleh Blogger.